Pelatihan Pengawetan dan Pengelolaan Bambu

By Admin Blog 2020-03-12 04:27:17

Program pelatihan dan pengelolaan bambu merupakan bagian dari program Usaha Desa sebagai inkubator kepada pihak Desa Tlogo sebagai penerima program PIID-PEL dari Kementerian Desa PDTT. Pelatihan yang diberikan oleh Usaha desa ini dilakukan di Desa Tlogo yang diikuti oleh masyarakat Desa Tlogo. Menurut ketua TPKK, bapak Mahmuddin, bambu merupakan tanaman yang banyak tumbuh subur di wilayah Desa Tlogo namun pemanfaatannya masih kurang. Ia mengatakan bahwa masyarakat masih menggunakan bambu tanpa terlebih dahulu diawetkan sehingga masa pakainya jadi lebih pendek, selain itu penggunaanya masih sebatas bantuan konstruksi dan bukan untuk kerajinan.

Melihat potensi yang ada di Desa Tlogo tersebut Usaha Desa menginisiasi program pelatihan mengolah bambu bagi masyarakat Desa Tlogo. Dengan dibekali pelatihan ini diharapkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam sekitar menjadi lebih baik. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan pengrajin-pengrajin baru yang dapat menjual produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

 DSC0191 Min :  DSC0191 Min

 

Pelatihan pengawetan dan pengelolaan bambu dilakukan selama 2 hari dengan melibatkan sekitar 25 masyarakat Desa Tlogo. Pada hari pertama peserta diberi pengetahuan mengenai bambu dan bagaimana cara mengawetkannya. Setelah itu peseta diajari bagaimana cara membentuk bambu menjadi barang furniture yang dapat digunakan pada kegiatan sehari-hari. Pada hari kedua peserta dibekali dengan pelatihan bagaimana membuat bambu menjadi barang furniture yakni meja dan kursi mulai dari memotong bambu, melakukan pelubangan, merakit, dan finishing dengan menggunakan bahan alami.

 DSC0306 Min :  DSC0306 Min

 

Peserta cukup antusias dan tertarik dengan kegiatan pelatihan ini, mereka mengatakan bahwa mereka sebelumnya tidak memahami bagaimana cara mengolah bambu dengan baik. Beberapa peserta juga memberikan masukan bahwa untuk pelatihan sejenis sebaiknya diselenggarakan pelatihan lanjutan untuk bentuk barang yang lain.